Syarah 21 Guns – Greenday

Base on my sister’s question in here,  saya jadi pengen menjawabnya di blog aja nih.

Syapa yang suka Greenday? Syapa yang suka lagu 21 Guns? Kalo American Idiot pastinya ngerti donk ya? Baiklah, kalo begitu mari kita coba men-syarah-kan lagu ini. Soalnya selain karena saya suka musiknya, liriknya juga oke punya tuh!😀

Sebagai makhluk yang suka dengan makna² ganda dalam kehidupan (maksudnya suka melihat satu hal dari berbagai versi!), i assume that this song has a lot of meaning too.

Makna pertama yang saya tangkap adalah tentu saja yang berkaitan dengan judul lagu tersebut, 21 Guns. Base on “21 Guns Sallute” yang bermakna sebagai sebuah penghormatan terakhir kepada para pahlawan yang gugur di medan perang atau mati dalam tugasnya demi negara, yaitu dengan menembakkan 21 senjata ke arah atas. Kalo biasa nonton film² perang pasti tau dong ya?

do you know what’s worth fighting for?

when it’s not worth dying for?

does it take your breath away

and you feel yourself suffocating?

Jadi lagu ini mempertanyakan keputusan pemerintah (Amerika?) untuk mengorbankan nyawa para tentaranya di medan perang yang mana apakah perang itu benar² tepat untuk dijalani (ex: Perang Irak)? Kebanyakan tentara Amrik yang ke Irak mengalami dilema. Di satu pihak, mereka pasti rela menyerahkan jiwa raganya demi negara, tapi bagaimana bila perang demi negara itu berlawanan dengan rasa kebenaran dan keadilan?

does the pain weight out the price?

and you look for a place to hide?

did someone break your heart inside?

you’re in ruins

Setiap manusia memiliki fitrah di dalam diri mereka akan apa yang kita sebut ‘benar’ dan ‘adil’. Ingin menentang, tapi mereka adalah tentara yang telah bersumpah setia untuk membela negara. Ingin tunduk, tapi fitrah diri mendobrak. Kegalauan diri akan hal ini menyebabkan rasa sakit yg teramat dalam.

one, 21 gun

slay down your arms, give up the fight

one, 21 guns

throw up your arms into the sky, you and i

Akhirnya yang didapat hanyalah kematian. Tapi masih mending deh ya kalo mendapat penghargaan dari negara berupa pemakaman kenegaraan yang diiringi dengan gun sallute. Untuk tingkat tertinggi adalah 21 Guns Sallute.

when you’re at the end of the road

and you lost all sense of control

and your thoughts have taken their toll

when your mind breaks the spirit of your soul

you faith walks on broken glass

and the hangover doesnt pass

nothing’s ever built to last

you’re in ruins

did you try to live on your own

when you burned the house and home?

did you stand too close to the fire

like a liar looking for forgiveness from a stone?

when it’s time to live and let die

and you cant get another try something inside this heart has die

you’re in ruins

Akhir kata, kalau pun kau bisa selamat (stay alive) dari perang tersebut, tetap saja ada yang tercerabut dari rasa kemanusiaanmu. Man, kita ga bisa melawan fitrah diri semudah itu! Banyak loh para tentara yang jiwanya menjadi labil saat kembali dari peperangan. So sad but true! Merasa diri penuh salah dan dosa karena telah melakukan hal² yang berlawanan dengan fitrah manusia, tapi juga tidak ingin disalahkan karena itu adalah perintah dari negara yang bad or good mereka wajib melakukannya. Mati mulia adalah mati demi negara! (motto gue waktu smu dulu nih!) Akhirnya, jiwa pun menjadi labil karena mengalami standar ganda!

Yea, demikianlah makna pertama yang bisa saya tangkap dari lagu ini. Untuk syarah kedua, kita lanjutkan kapan² ja ya, kalo saya masih minat nge-bahas. Hihihi…

3 responses to “Syarah 21 Guns – Greenday

  1. Seeeep lah,,, awalx menurut aku, cuma ke pemerintah amerika aja,,, trnyta ke army juga toh…

    10 jempol untuk mu,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s