Rantai Makanan

Mo belajar biologi bentar ah. Masih ingat kan tentang rantai makanan dalam kehidupan ini? Manusia yang serakah ini tentu saja di bagian paling atas karena kita bisa makan apa saja yg ada di bawah kita (kalo kepepet  sih, soalnya banyak juga yg diharamkan untuk dimakan pada saat normal happy.gif ).Rantai Makanan

Dulu waktu SD, dalam bayangan saya ya cuma begitu aja. Kita saling makan memakan sampai manusia mati diterkam harimau atau mati normal dan akhirnya diurai oleh binatang tanah.:Hypnotized:

Sekarang, begitu dah agak gedean dikit, saya baru nyadar bahwa SELURUH makhluk hidup di dunia ini memang saling terkait satu sama lain meskipun berjarak sangat jauh.

Pernah baca kasus harimau yang mendatangi pemukiman penduduk dan mulai memakan mereka satu per satu di suatu daerah di Afrika sana? Ternyata penyebabnya adalah karena penangkapan besar²an suatu populasi ikan nun jauh dari tempat itu. Nyaris melintasi benua. Ikan berkurang banyak karena manusia yang rakus menjaring dan mengebom mereka dengan sadis! Yang harganya tinggi diambil, yang dianggap tidak berharga dibiarkan mati begitu saja.

Akhirnya, binatang yg mulanya bertahan hidup dengan memakan ikan² tsb mulai kelaparan dan akhirnya banyak yang mati. Begitu terus rantai makanan bergerak, hingga sampai ke harimau. Harimau di hutan kekurangan makanan mereka akhirnya datang ke pemukiman penduduk dan mencari daging hidup untuk disantap. Harimau pun dianggap berbahaya oleh manusia pemukiman tersebut dan akhirnya dibantai hingga nyaris punah. Kembali manusia lain yg bingung bagaimana menjaga binatang² itu agar tidak punah.

Begitu juga kasus di wilayah Amerika di pesisir Pasifik. Nun jauh di tengah samudera Pasifik sana, para nelayan menangkap besar²an Hiu pemangsa cumi-cumi raksasa. Akhirnya populasi cumi-cumi raksasa (yg saya lupa apa namanya ini) pun melonjak tajam karena gak ada yang memakan mereka.

Kurangnya makanan dan perubahan iklim di wilayah mereka nun jauh di tengah Samudera Pasifik itu memaksa cumi² berenang mendekati daerah pesisir dan mulai melahap ikan² Salmon yg menjadi tumpuan hidup para nelayan tradisional.Cumi-cumi raksasa ini menurut penelitian para ahli kelautan dan biologi, merupakan binatang yang sangat aerobik. Gerak sana gerak sini bikin mereka lapar terus. Sepanjang hidup mereka yg hanya 2 tahun itu, mereka bisa memakan sampai sekitar 9500 kg.Posted Image

Kesimpulan yang bisa diambil adalah bahwa nyaris semua penyebab kerusakan alam adalah akibat ulah manusia² kapitalis. Yang tidak pernah merasa cukup meski harus ‘menyiksa’ makhluk hidup di belahan bumi yg lain. So, it’s all about the money, huh?! Posted Image

Tidak pernahkah mereka mendengar tentang hidup frugal? Hidup sederhana demi kelangsungan hidup di muka bumi ini.

Jadi pengen kucambuk² aja rasanya. Posted Image

One response to “Rantai Makanan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s