Tips Mengatasi Patah Hati

Gak tau deeee… Mendadak pengen nulis tentang tips patah hati. Tips-tips di bawah ini gak pernah saya lakukan, sebab itu saya tau pasti kalo bakal ampuh mengatasi patah hati dalam 2 x 24 jam😛 –> ketauan suka berlarut2 dalam menghadapi patah kaki. So here we go!

Tips Pertama,

Hening. Diam. Jangan berbuat atau mengatakan sesuatu yg berkaitan dengan kepatah-hatianmu itu. Jangan tumpahkan isi otak dan kekesalanmu pada saat sedih atau marah. Save a word when you’re sad, kata seorang bule di pelataran airport suatu masa yg lalu. Karena lidah itu tidak bertulang, apa yg sudah dimuntahkan tidak mungkin kau batalkan. Luka yang tercipta di hati orang lain sebab kata-katamu itu, sekalipun mungkin bisa, pasti akan sulit untuk diobati dan dilupakan.

Dan yakinlah, saat otakmu udah beres dan normal kembali, yang tersisa hanyalah penyesalan yang kamu gak tau gimana caranya untuk meminta maaf kepada ybs. Yang lebih parah lagi, mungkin kamu tidak akan tau bagaimana cara meminta maaf pada dirimu sendiri. I know. I’ve been there.

Gak cuma kata2 langsung aja, tapi juga termasuk sms, email, surat konvensional (mang masih ada gitu yg kirim surat pake pos?), tweet, status, dll-nya yak!

I know it’s hard! Loe pikir gue gak pernah muda ‘n ngerasaain patah kaki? Pasti pengen banged memuntahkan segala ‘kebencian’ sesaat kita kepada orang yg udah menyakiti hati. Yang sudah berlaku tidak adil dan ‘dzalim’ kepada diri kita. Tapi gue bisa pastikan deh, diam seminggu sampai kamu bisa berpikir normal lagi dan obyektif  itu lebih penting, ketimbang berkata2 saat otakmu masih diliputi suasana subjektif! I guarantee a 100%!!!!

Please try to be more patience and fair😦


Tips Number Two!

Jangan dengerin lagu-lagu mellow maupun non mellow yang berkaitan dengan cinta dan patah hati!!! Misalnya aja lagu This Ain’t a Love Song-nya Bon Jovi! Big no! NOOOOO!

It made me so mad ’cause I wanted it bad for us baby
And now it’s so sad that whatever we had
Ain’t worth saving oh oh oh
If the love that I’ve got for you is gone
If the river I’ve cried ain’t that long
Then I’m wrong yes I’m wrong
This ain’t a love song

Bikin airmata loe gak bisa berhenti merembes kayak orang mabok! Mang orang mabok airmatanya merembes? Ga tau juga sih, soalnya saya lom pernah mabok. Sekali pun pernah, ya mana gue tau lah! Namanya aja orang mabok, mana ngerti ngelakuin pa aja! Huh!

Yap! Any kind of love and broken heart songs are forbidden!

Lagu-lagu seperti ini hanya akan membuatmu teringat pada luka hatimu yg masih basah, dan akan selalu basah. Tidak baik membasahi luka di awal-awal terjadinya luka. Pernah terluka fisik? Kalau tu luka kena air terus and gak kering-kering, bisa jadi infeksi dan bernanah!!! Jadi, biarkanlah lukamu sedikit kering, setelah itu kalau mau disiram air atau bahkan garam sekali pun, doesn’t really matter, beibeh! ^__^

Lebih baik dengerin lagunya DISTURBED atau METALLICA dkk. Ckakakakaaaa… Just kidding, jangan biasakan denger lagu-lagu seperti itu, gak baik untuk kristal air tubuhmu. Tapi karena saya udah kadung suka lagu seperti itu dari jaman batu masih dijadiin pisau berburu, yaa harap dimaklumi saja. Wajarlah kalo saya agak2 gimana gituh!😛

Yang bener sih, mending dengerin murrotal AQ, sahiffah sajadiyah (gimana tulisannya yak?), do’a kumayl, do’a tawassul, atau jausyan kabir. Ga tau do’a2 itu? Ckckckckkk…. Yah, intinya sih dengerin sesuatu yg bisa menenangkan jiwa, dan gak ada yang lebih menenangkan jiwa ketimbang hal-hal tersebut di atas. Kalau mau sih bisa juga ditambahkan lagu2 instrumental atau apalah, yg penting gak ada lirik cinta-cintaannyah!!!😛

 

Tips kETIGA

Jangan baca puisi-puisi patah hati. Misalnya aja yang kayak gini nih:

Kutuliskan segenggam gumam untukmu
Hingga butiran-butiran jam kembali membalik halaman lama
Pernah kau tawarkan berjuta mimpi,
untuk menggagahi segala kesepianku
Dan aku menjawab dengan diam.

Tanggal-tanggal terbakar sampai pada hari ini
Terus beranjak, aku tak berubah warna
Aku tenggelam bersama bungkusan detik yang sia-sia
Lalu segenggam gumamku itu menjadi sekeranjang makian untukmu.

Penghujan kali ini tetesannya menghibur bumi
Juga bilangan rinainya yang telah menemani bertahun-tahun,
sejak tangisku yang pertama.

Terbersit pikiran gila :
Bagaimana seandainya aku,
yang bercinta denganmu di malam pertama lalu?
Bagaimana jika rahimku,
yang melahirkan bibit-bibit alam dari darahmu?
Bagaimana jika aku,
yang membesarkan dagingmu dengan air susuku?
Aku rindu menanyakan semua itu padamu.

Tapi kau telah kenalkan sebuah ladang padaku
Bukan penggantiku, katamu
Sebab embun pagi di alun-alun kota pernah berkata,
aku tak bisa tersubstitusi dengan siapapun
Katamu, aku adalah saphir,
jauh lebih kemilau darinya
Tapi dia bisa memaku semua pigura
yang tak sempurnamu dengan nafasnya.

Muram langit petang ini,
menggiring rasa lamaku untuk kembali memaknaimu
Ketika hanya kau beri pinjaman bahu kala aku menangis
Kau tahu, dan sangat memahamiku.

Sedang di belahan waktu lain,
perlahan mengheningkan namamu dari otakku
Dan aku masih tak tahu,
bagaimana menghilangkan wajahmu dari pikiranku.

Dan tampaknya kau tak mengizinkanku
untuk mengambil sisa hati,
yang ternyata padamu aku masih menggilai.

Oh.. Hydrangea T__T

Ataaaaauuu… puisi cinta yang dibuat seorang kawan macam ni :

”duhai cak jati, seorang pria yang kucinta..
betapa tampak cintamu dari rona wajahmu
menerangkan segala, bagai lentera ditangan pendeta
karena engkau, jalan ini menjadi nyata-jauh dari semu
karena engkau pula.. aku tiada buta
tanpamu, dunia selayak seorang buta dan bisu “

”wahai dikau, widji satu yang kurindu..
betapa aku merindukanmu hingga terluka
dan aku tahu, kau terluka jua
ijinkan aku membawa senyummu.. ‘tuk temani hari sepiku
cepatlah kita bertemu!?
karena bahagia sekali rasanya jika bisa bertemu denganmu
walau dalam mimpi, dimana aku bisa mengecup lembut bibirmu!! “

”duhai cak jatiku, pujaan hatiku..
betapa hasrat ingin berjumpa,
walau terbentang jarak diantara kita berdua
apakah engkau pernah berharap,
hujan datang disiang hari yang cerah..
dimana akan ada pelangi indah yang menghias
aku ingin berada ditengah hujan itu bersamamu-bermandikan tetes air surgawi
aduhai, betapa indahnya hari itu.. “

”wahai dikau, widji yang kunanti..
lihatlah, betapa rembulan semakin kusut dan awan mulai bergerak menghilang
angin memecah sunyi dan menggetarkan dinding hati
tetapi,
hasratku akanmu semakin memuncak
laksana bhumi merindukan terik mentari
bolehkah jika.. aku pinta wujudmu? “

”duhai cak jatiku.. tambatan hatiku
betapa aku sama denganmu
berharap wujud dimata walau sekedar bayang saja
kau dan aku..
engkaulah jati.. akulah widji
kau dan aku..
menyatu, kita dan hanya kita!?

semoga Tuhan memberikan, wujud cinta kita berdua
semoga Tuhan mendaulatkan.. cinta jati dan widji “

“duhai kekasih pujaan..
terbentuklah suatu karunia cinta
merindu tanpa batas
mereguk kebersamaan tak terbatas
hingga batas usia merentas

melenggang langgeng dalam kalbu
mengisyaratkan benak penuh syahdu
indah tak terukur akan satu

cinta sejati yang tak tertolak
liku yang tak terbayang
resap indah dalam benak
warna yang membayang “

“cak djati, sudah kau lihatkah Tajmahal itu ?
prasasti kita berdua
lambang cinta dan derita
rindu yang kau punya
sama dengan yang ku punya
dalam semuanya kita adalah satu
kesabaran menanti segala tiba

Nyebelin banget nggak sih kalo lagi patah hati malah baca puisi2 kayak gitu? Pembahasannya sih sama aja kayak tips nomor dua di atas banged, jangan basahi luka yg masih basah!!!

 

Tips Keempat

Baca kisah alHusayn di padang Karbala + dengerin maktam alHusayn dan keluarga suci beliau –> tangisanmu lebih penting untuk menangisi hal2 semacam ini ketimbang menangisi cintamu yg telah hilang. Resapi dan hayati makna mendalam yg bisa diperoleh dari duka alHuseyn. Banyak revolusi menentang kedzaliman di muka bumi ini yang terinspirasi dari kisah Karbala. Jadi, daripada nangisin sang kekasih yg belum tentu sedang menangisi dirimu, mending kita lakukan revolusi ajah! Ok?

 

Tips Kelima

Baca sup ayam-sup ayam. Chicken soup for the broken hearted. Baca kisah orang lain yg bisa bangkit kembali dalam hidupnya. Baca kisah-kisah orang yang lebih dalam dukanya ketimbang kita. Banyak orang di dunia ini yang menangis karena harga dirinya, keluarganya, dan bangsanya diinjak-injak. Atau menghadapi bencana alam, dll. Mereka yg seharusnya lebih berduka ketimbang kita, jadi daripada kamu nangis buat dirimu, mending tangisi mereka aja. Jangan lupa abis tu dibantuin juga, jangan cuma ditangisi ajah.

 

Tips Keenam

Sedekah. Sedekah konon katanya bisa meringankan beban. Siapa tau aja, derita yg kamu alami ini adalah karma. Ya cobalah dihapus dengan banyak2 sedekah. Ga ada tuh ceritanya orang miskin karena sedekah. And siapa tau orang yg kamu sedekahi bakal doain agar kamu dapat kekasih baru yg lebih sepadan denganmu ketimbang yg lalu. Kan lumayan tuh. Hihihihi…. ^__^

 

Tips Ketujuh

Kalo udah rada ringan dan mengering lukanya, coba deh diingat2 lagi kenangan bersamanya. Sukanya. Dukanya. Dibalik semua kisah itu hingga ke perpisahan kalian pasti ada ibrah yg bisa diperoleh loh! Dari kisah saya yg lalu, ada lebih dari 20 pelajaran positif yg saya dapatkan dari kejadian yg tidak mengenakkan ini. Dan yg paling utama adalah karena Allah sangat menyayangi kami (entah yg mana, saya atau dia😛 ). Sebab itu, saat ini gue bisa ridha dan mencoba bersabar. Sakit dan sedih pastilah tetap ada. Tapi biarlah waktu yg akan menyembuhkan.

 

Dah ah segitu aja, bosan gue nulis2 beginian!😛

Pesan terakhir saya : Life is easy, dont make it hard! Just do your best, and let God do the rest!

Dedicated to Anchoy

2 responses to “Tips Mengatasi Patah Hati

  1. Bener banget tuch tips! gue bener2 ngerasain betapa susahnya patah hati. sampai terbawa mimpi. ternyata dengan membaca kata-kata bijaksana dari imam, hatiku jadi lapang karenanya.

  2. Iya, memang bener sekali…, sampai kini masih terasa dan entah sampai kapan semua ini berakhir dan aku masih merindukannya…
    Karena bagaimanpun perpisahanku adalah kebodohanku… 🙂

Leave a Reply

