Perpustakaan 400 Kota Cirebon

Bahan bacaan habis! Wth. Akhirnya dari hasil googling dan nanya sana sini, saya tau kalo di Cirebon ini ada perpustakaannya yg bernama Perpustakaan 400. Kalo ga salah ini tadinya adalah perpus yg dikelola oleh Ikatan Keluarga Batalyon 400 Tentara Pelajar Siliwangi XVIII (cmiiw), tp sekarang sudah menjadi Badan Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cirebon. Masih penasaran nih dimana lokasi Perpusda Kabupaten Cirebon-nya.

Lokasi Perpustakaan 400 ini berada di Jalan Brigjen Dharsono (by pass) Cirebon. Di samping Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kalo ga salah. Kalo salah, ya pastinya bakal nyasar. Tapi ga susah kok nemuin perpustakaan ini, soalnya berada tepat di sisi salah satu jalan by pas Cirebon. Dekat perempatan lampu merah. Kalo dari arah Terminal Harjamukti sih di sebelah kiri jalan.

Pertama kali memasuki halaman perpustakaan ini suasana jadul dan kurang terawat sudah terasa. Sampai ga yakin kalo masih beroperasi. Hahahaa… Setelah parkir, mulai masuki bangunan yg ada. Jam operasi mulai pukul 8-5 sore dengan jam istirahat tertentu. Sabtu, minggu, dan hari libur tutup kalo ga salah. Kalo salah ya berarti buka tuh.

Tas dan jaket disimpan di loker berkunci yg udah disediakan. Kalau mau mendaftar jadi anggota langsung aja ke ruang referensi. Bawa fotokopi katepe, foto 2×3 dua lembar, dan uang pendaftaran 5rb. Setelah mengisi formulir pendaftaran dan menyerahkan persyaratan, kita diberi kartu sementara yg berlaku untuk setahun. Ga tau juga kapan dikasih kartu nggak sementaranya. Gak nanyak sih. Soalnya ditengarai kartu ini cuma bakal dipakai untuk seminggu ke depan ajah. Atau mungkin kalau kesini lagi dalam waktu setahun ini.

Oia, karena saya bukan orang Cirebon, saya pake katepe orang deh. Sempat ditanya2in tentang pak lurah (yg gw sama sekali have no idea about him), ttg status pernikahan, anak, dan dimana suami kerja (soalnya katepe yg saya pake itu statusnya udah menikaaaaah!!!). Sempat terkagok2 juga sih. Moga aja bapak itu ga suka online ‘n never baca blog saya ini. Fiuhhhh… Maaf ya pak, udah bo’ong. Abisnya gw butuh bacaan secepatnya sih.

Secara keseluruhan, saya ga suka sama perpus ini. Kumuh, tidak rapi, sepi dan gelap. Gak nyaman untuk duduk berlama-lama disitu. Tapi kalo cuma untuk datang, nyari buku, pinjem, trus pulang, oke lah. Selain itu sistemnya masih manual banget. Mirip perpus yg dulu saya handle saat di yayasan. Tapi skala-nya kan beda. Masa kualitas Kota Cirebon sama aja kayak kualitas yayasan kecil? Buku yg tersedia juga buku-buku yg lama, tidak cukup update. Meski lumayan banget untuk dibaca. Oia, ada buku kunonya juga loh. Terbitan awal 1900an gitu. Ada area lesehan untuk baca anak, tp gw ragu, tu karpet kayaknya bakal bikin gatal2 deh kalo kelamaan duduk disitu. Hihihihi…

Maaf deh kalo kebanyakan komplain.šŸ˜€ Makasih ya, udah ngasih bahan bacaan gratis untuk mengisi liburan kali ini. See you!

2 responses to “Perpustakaan 400 Kota Cirebon

  1. mav yang saya tau pendaftaran untuk menjadi anggota perpustakaan umum 400 kota cirebon itu bukan di ruang referensi deh. tapi dirruangan sirkulasi.
    ruangan referensi itu ruangan dimana kamus2, ensiklopedia dan bahan karya ilmiah yang disimpan disitu, tetapi tidak boleh untuk dipinjam.

    • Waktu sayah daftar dulu, memang di ruang yang ada banyak kamus-kamus gitu kok. Yang ga bole dipinjem ituh. Gak tau ya kalo aslinya bukan disitu. Hihihi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s