Sekedar Menjadi Orang Sibuk Atau Menjadi Orang Yang Produktif?

ngatur-waktu-kerja

Udah lama banget nih nggak nge-blog. Lagi sibuk. Hehehe… Ngomong-ngomong kalian tau nggak kalo orang sibuk belom tentu produktif? Eh kok bisa? Nah ini dia yang mau saya bahas di tulisan saya kali ini, yaitu perbedaan antara orang (sok) sibuk dengan orang yg produktif. Cekidot!

  • Orang sibuk itu ingin terlihat punya misi hidup, padahal aslinya masih ragu-ragu. Kalo orang produktif itu jelas visi misi hidupnya. Kalo saya belom jelas sih.
  • Orang sibuk punya banyak prioritas. Orang produktif punya beberapa prioritas saja. Terlalu banyak prioritas hanya akan membuat hidupmu berantakan loh! Tentukan maksimal 3 prioritas dulu.
  • Orang sibuk begitu mudah mengatakan YA. Orang produktif mikir-mikir dulu sebelum mengatakan YA. Kalau kamu tidak mengatakan TIDAK pada banyak hal, bisa-bisa kamu akan tenggelam dalam lautan prioritas orang lain dan tidak sempat mengerjakan prioritasmu sendiri. 
  • Orang sibuk fokus pada tindakan. Orang produktif fokus pada kejelasan sebelum bertindak. Haruslah jelas apakah tindakan yang kamu lakukan itu bermakna untuk kehidupan kamu atau nggak. Kalo nggak, ga perlu ngotot2 banget buat dikerjain lah.
  • Orang sibuk membiarkan semua pintu terbuka. Orang produktif menutup banyak pintu. Sebagai kaum muda (ceileh..) memang bagus membuka banyak pilihan. Adalah baik untuk ingin melakukan perjalanan, untuk belajar bahasa, mendaki gunung, untuk kuliah, untuk bekerja di bidang teknologi, untuk tinggal di negara lain, dll. Namun, akan datang satu titik dalam kehidupan di mana kita harus melepaskan sebagian pilihan dan fokus. Contoh fokus : Jika tujuan saya tahun ini adalah belajar bahasa Spanyol – Saya akan menguasai bahasa Spanyol di akhir tahun. Contoh tidak fokus : Jika tujuan saya tahun ini adalah untuk berbicara bahasa Spanyol, juga mendapatkan 30% pendapatan lebih, melakukan perjalanan ke 10 negara, mencari pacar, pergi ke semua konser, dll, pastinya aku tidak akan berhasil menguasai bahasa Spanyol pada akhir tahun ini.
  • Orang sibuk akan membicarakan tentang betapa sibuknya mereka. Orang produktif akan membiarkan hasil yang diperolehnya yang berbicara. Kata Stephen King, “Seorang penulis adalah penghasil kata-kata. Menghasilkan kata-kata, berarti kamu penulis. Tidak menghasilkan kata-kata, berarti kamu bukan penulis.”
  • Orang sibuk akan berkata betapa sedikit waktu yang mereka miliki. Orang yg produktif akan menyediakan waktu untuk hal-hal yang dianggap penting. Jangan membuat-buat dalih dan menyalahkan keadaan.
  • Orang sibuk melakukan multitask. Orang yang produktif akan fokus. Fokuslah pada satu aktifitas penting dalam satu waktu agar kegiatan itu bisa lebih cepat selesai dengan baik.
  • Orang sibuk cepat merespon email. Orang produktif lebih santai, hanya cepat merespon pada email yang sangat penting.
  • Orang sibuk pengen orang lain juga sibuk. Orang produktif ingin orang lain bekerja lebih efektif. Pemimpin yang sibuk akan frustasi bila melihat anak buahnya santai, menikmati pekerjaannya, dll. Pemimpin yang produktif suka bila anak buahnya menikmati pekerjaannya, suka menciptakan lingkungan yang bisa diterima oleh semuanya, yang penting hasil kerja mereka baik.
  • Orang sibuk bicara tentang perubahan yang mereka inginkan. Orang yang produktif mengeksekusi perubahan itu. Kilian Jornet tidak menghabiskan banyak waktu untuk membicarakan apa yang akan dia lakukan. Dia bicara tentang apa yang telah dilakukannya, apa yang telah dipelajarinya, apa yang menginspirasinya.

Jadi, termasuk yang manakah kamu?🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s