Agama Itu Candu

karl-marx

Ngomong-ngomong tentang candu, saya itu paling males yg namanya kecanduan. Ketergantungan pada sesuatu atau seseorang. Merasa hidup tidak sempurna tanpa hal itu. Males banget kan yak?

Candu itu nama zat yg adiktif. Sering juga dipakai dalam ritual2 tertentu. Tapi sekarang sudah dijadikan kata kerja untuk perilaku yg membuat ketagihan. Can’t live without.

Sebenarnya candu itu nggak masalah, bahkan bermanfaat. Yang jadi masalah adalah ketika seseorang menggunakanya secara berlebihan. Ganja, obat bius, rokok, kopi, game, seks, alkohol, dll itu kalau dikonsumsi secukupnya akan bermanfaat bagi seseorang. Tapi ketika digunakan secara berlebihan dan sembarangan, hingga menjadikan seseorang kecanduan, maka itu akan buruk bagi tubuh orang tersebut.

Kalau obat bius buatan sebangsa meth, pil koplo, dll itu jelas merusak, sama aja sih kayak obat kimia buatan pabrik lainnya. Efek ke tubuhnya jeleek banget untuk jangka panjang. Makanya sekarang saya jarang banget minum obat. Kalau emang mau mencandu, mencandulah yg organik saja. (Apah?!)

Saya emang ga suka ketagihan, tapi bukan berarti saya ga pernah kecanduan. Yang terparah adalah kecanduan game, tapi sekarang udah nggak lagi soalnya sudah saya serahkan candu itu ke keponakan tercinta. Hahaha… jahat.

Saat ini ada beberapa hal yg masih menjadi candu buat saya, yaitu internet dan travelling, juga kamu. Semoga tiga hal ini juga bisa segera meghilang dari hasrat mencandunya.

Di Cina dulu ada perang candu. Rakyatnya dibuat mencandu agar jadi rusak dan gak semangat belain bangsa dan negaranya. Seru juga ya. Sepertinya sekarang pun begitu, kaum muda dibuat mencandu social media dan segala yg ada hubungannya dengan internet. Hmmm…

Lalu apa hubungannya candu ama agama?

Kalo dulu Karl Marx menyatakan hal tsb karena ketidak percayaannya pada Tuhan, sekarang saya menyatakan untuk orang2 yg keasikan beragama tapi justru lupa pada Tuhan Yang Esa.

Just my two cents.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s